Kamis, 08 Juni 2017

RENUNGAN SIANG HARI

Sepasang suami isteri kaya masuk rumah dan mereka mendapati ruang makan yang kotor dan tercium aroma pesing...

Sementara di sudut meja makan nampak ibu tua sedang berusaha keras untuk bisa menyapu...

Dengan suara keras membentak ibu tua itu...

Suami :
Ini pasti ulah ibu khaaan...?
Ibu ngompol di lantai ya...?
Lihat tuch, meja kotor dengan makanan yg tercecer, lantai juga (marah n geram ) Waduuh, ibu...ibu...!!!
Ini rumah atau gudang...???

Istri :
*Sudahlah Pak, jangan bentak ibu seperti itu...!!!
Kasihan ibu kan sudah tua...

Suami :
Tidak bisa begini terus menerus...
Kalau tiba² ada tamu yg datang, apa  jadinya...???
Sebaiknya besok kita bawa ibu ke panti jompo...!!!

Istri :
Jangan pak...
Itu khaaan ibumu, masa dibawa ke panti jompo pak...???

Setelah ibu tua itu dibawa ke panti jompo, si-suami benahi kamar ibunya...
Dibawah kasur ditemukan sebuah buku lusuh dgn kertas yg agak kuning kusam...
Dia tertarik karena ada foto dirinya waktu kecil dan remaja, di halaman depan bertuliskan judul buku :
"Putraku buah hatiku..."
Dia duduk lesu dan mulai membaca tulisan ibunya itu...
Diawali hari dan tanggal lahir dia...
"Aku melahirkan putra, biar terasa sakit n mandi darah, aku bangga, bisa punya anak"
Yaaaa, aku bangga bisa berjuang tanpa suami yg mendahuluiku...
Aku rawat dengan cinta, aku besarkan dgn kasih, aku sekolahkan dia dengan airmata, aku hidupi dia dgn cucuran keringatku...
Kuingat, ketika kubawa dia ke klinik utukk imunisasi...
Datas angkot, dia menangis lalu kubuka kancing blues dan susui dia, aku tak malu, bahkan tiba² dia kencingi aku...
Tiba² dia batuk kecil, muntah n basahi rokku...
Hari itu terasa indah bagiku, biarpun aku basah oleh kencing n muntahannya, aku tersenyum bangga sekali...
Kejadian itu terulang beberapa kali, aku tak peduli apa kata orang diatas angkot...
Asalkan putraku bertumbuh sehat, itu yg utama bagiku...

Sambil baca, airmatanya  mulai meleleh turun...
Hati terasa perih dan dada sesak...

Tiba² dia berteriak keras, meraung : "Ibuuu...ibuu..."!!!
Sambil berdiri, setengah berlari ke garasi...

-Istrinya kaget lihat ulah suaminya dan bertanya :_
"Kenapa pak...,ada apa...?"

Terisak dia jawab :
"Aku harus bawa kembali ibuku..."


Tiba² telpon berdering, diterima istrinya, lalu........

"Mohon ibu dan bapak segera datang di panti sekarang ya..."

Mereka buru² ke panti, saat masuk, nampak tubuh tua ibu sedang diperiksa dokter...

Si suami bertriak histeris sambil menangis :
"Ibuuu............."

Ibunya lemah berusaha memeluk kepala anaknya seraya berbisik sendu : Anakku...
Ibu bangga punya kamu, seluruh cinta kasih hanya buat kamu, nak...
Maafkan Ibu, i...ibu sa..yang.. padamu...!!!

Sang ibupun meninggal...

Anaknya meraung keras menangis : Ibuu...ibuu.......
Aku minta ampun buu......
Aku durhaka sama ibuu......
Ampun...ampuni aku Buuu........
Ibu jangan tinggalkan aku Buuuu...
Anak macam apa aku ini, ampuni aku Buuuuuuu.."



Sobatku, masih adakah ibu dan ayah disisimu...???

Nilai apa yg terbersit dari kisah ini...


...•••Ingatlah Sobat•••...
> Kegeraman mengantar kita "memeluk dosa"
> tindakan bodoh, membuat kita "merangkul durhaka"
> sikap ego, mendorong kita "mendekap nista"
> sesal yg terlambat, menarik kita "bergelimang keperihan"

*Berpikirlah arif, bertindak dengan bijak, berucaplah kasih, hiduplah penuh hikmat...

*SEMOGA ALLAH SELALU MEMBIMBING KITA.

*Semoga semua berbahagia dan sehat dan sukses selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar